Skip to main content

Urus Visa UK tak Seribet yang Dibayangkan

London sudah menjadi kota favorit saya sejak dulu. Celengan, bed cover, buku catatan, pulpen, gantungan kunci, dan lain-lain milik saya selalu bermotif bendera Inggris. Punya kesempatan ke sana itu semacam mimpi. Hahahahha

Singkat cerita, finansial memungkinkan, dan cuti juga 80 persen (sepertinya) diberikan kantor di tahun pilkada. Thank God!

Hal pertama yang harus dilakukan setelah itu ialah menyiapkan Visa UK. Ada yang bilang super ribet, ada juga yang bilang biasa aja selama dokumen yang dibutuhin lengkap.

Oke, gw bakal jelasin tahap demi tahap. Pertama, kalian bisa buka Persyaratan Visa UK di sini lengkap dijelasin. Tapi, karena gw baik, gw kasih aja deh ya, hahaha...

Persyaratan:
Periksa apakah Anda memenuhi syarat
Jika Anda adalah orang dewasa dan ingin datang ke Inggris sebagai turis atau mengunjungi teman, Anda harus mengajukan permohonan visa datang kemari sebagai pengunjung umum. Anda juga dapat mengajukan permohonan visa ini jika ingin mengunjungi beberapa anggota keluarga (misalkan sepupu atau keluarga dekat yang tidak menetap di UK).
Untuk datang ke Inggris sebagai pengunjung umum, Anda harus dapat menunjukkan bahwa:
  • Anda berusia 18 tahun atau lebih;
  • Anda bermaksud untuk mengunjungi Inggris selama tidak lebih dari 6 bulan;
  • Anda bermaksud untuk meninggalkan Inggris di akhir kunjungan Anda;
  • Anda memiliki cukup uang untuk membiayai dan memenuhi kebutuhan diri sendiri tanpa harus bekerja atau mendapat bantuan dari dana publik, atau Anda beserta tanggungan Anda akan dibiayai dan diberi tempat tinggal oleh kerabat atau teman;
  • Anda dapat menanggung biaya pulang atau perjalanan berikutnya; dan
  • Anda tidak berada dalam transit ke negara di luar ‘Common Travel Area’ (Irlandia, Inggris, Isle of Man, dan Kepulauan Channel).
Anda juga harus dapat menunjukkan bahwa selama kunjungan, Anda tidak bermaksud untuk:
  • bekerja baik dibayar ataupun tidak dibayar, memproduksi barang atau menyediakan layanan, termasuk menjual barang atau jasa langsung ke anggota masyarakat;
  • mengikuti pendidikan;
  • menikah atau mendaftarkan kemitraan sipil (pernikahan pasangan sesama jenis), atau memberi notifikasi pernikahan atau kemitraan sipil;
  • menjalankan aktivitas sebagai pengunjung bisnis, pengunjung olah raga, atau pengunjung hiburan; atau
  • menerima perawatan medis privat.

Nah, kalian semua harus pastiin semua poin di atas itu terpenuhi. Ga susah kan? Hampir rata-rata memenuhis, kecuali kalo kalian mau bandel hahaha..

Langkah selanjutnya emang rada ribet. Soalnya butuh bongkar dokumen yang seringkali kita simpen di lemari.
Siapkan dokumen Anda
Untuk setiap dokumen yang Anda sediakan, Anda harus menyertakan dokumen asli dan sebuah fotokopi.
Dokumen tersebut termasuk salinan halaman biodata paspor Anda (halaman yang berisi foto Anda). Jika Anda tidak menyediakan salinan / fotokopi untuk setiap dokumen, kami mungkin tidak akan mengembalikan dokumen asli kepada Anda.
  • Salinan formulir permohonan visa yang telah dilengkapi dan ditandatangani
  • Dokumen perjalanan atau paspor yang terbaru dan masih berlaku (paspor Anda harus berisi setidaknya 1 halaman kosong di kedua sisinya sehingga kami bisa menempatkan visa Anda)
  • Satu foto ukuran paspor berwarna yang memenuhi persyaratan pedoman foto kami.
  • Bukti izin untuk berada di negara tempat Anda mengajukan permohonan jika Anda bukan warga negara tersebut.
  • Paspor lama untuk memperlihatkan sejarah perjalanan Anda.
  • Bukti status pernikahan Anda. Termasuk surat pernikahan, surat kemitraan sipil (pernikahan pasangan sesama jenis), surat cerai, atau surat kematian
  • Bukti pekerjaan atau studi Anda saat ini
  • Rencana perjalanan, jika Anda memilikinya.
Jika mengunjungi teman di Inggris, Anda mungkin juga ingin menyediakan:
  • Surat dukungan dari teman atau sponsor Anda di Inggris
  • Bukti status keimigrasian mereka di Inggris, yang bisa berupa salinan dari:
  • halaman biodata dari paspor mereka
  • visa atau cap imigrasi yang sah dari paspor mereka
  • surat dari Home Office yang mengonfirmasikan izin tinggal di Inggris.
Jika Anda mengirimkan dokumen yang tidak berbahasa Inggris atau Wales, dokumen tersebut harus disertai oleh terjemahan lengkap yang dapat kami verifikasikan secara independen.
Masing-masing dokumen terjemahan harus berisi:
  • konfirmasi dari penerjemah bahwa dokumen tersebut adalah terjemahan akurat dari dokumen asli;
  • tanggal penerjemahan;
  • nama lengkap penerjemah dan tanda tangan; dan
  • detail kontak penerjemah.
Kalo semua udah dibaca dan dilengkapi, kalian harus bikin account untuk bisa mengajukan aplikasi permohonan secara online. Kalo bahasa Inggris kalian pas-pasan kayak gw, web itu memungkinkan kita mendapat informasi dalam bahasa Indonesia tercinta.

Kalian bisa kunjungi situs ini Apply for a UK visa .

Setelah itu, kalian scroll lamannya sampe ke bawah, di sana ada pilihan create an account dan sign in. Kalian klik aja create an account dan isi semua data yang diminta (cek gambar di bawah). Cara kerjanya sama kayak bikin Facebook atau medsos lainnya.



Setelah itu, ikuti aja semua tahapannya. JANGAN LUPA ini ngisinya butuh waktu banget. Jadi siapin waktu luang trus kalo bisa semua dokumen yang diperluin udah ada di deket kalian.

Tapi, kalo tiba-tiba capek, kalian bisa tinggalin dulu dan dilanjutin besoknya. Caranya, cukup disimpan (klik save) JANGAN klik submit.

Kalo udah punya waktu lagi, tinggal login dan terusin pengisian. Kalo bisa sih jangan kelamaan nyeleseinnya, karena butuh 15 hari untuk approval visa. Kalo ngurusnya uda mepet, ngeri-ngeri ga tembus tuh visa malah rugi di biaya. FYI, biaya yang dibutuhin sekitar 1,7 juta. Uang itu harus dibayar menggunakan kartu kredit.

Setelah semua proses pengisian selesai, kita diminta bayar, kemudian nentuin waktu penyerahan berkas di VFS Global Kuningan City Mall. Waktu itu, Sebelum itu, semua email dari mereka harus diprint. Yang diprint itu adalah appointment dan formulir lengkap yang udah diisi melalui online. Jadi jangan sampe lupa dibawa ya!

Untuk janjian jam 8, kita baru dibolehin masuk jam 7.50. Begitu masuk, berkas kita langsung dicek sama satpam bagian depan. Kalo lolos, kita langsung disuruh masuk dan ambil nomor antrean.

Ga jauh beda sama antrean lainnya, nanti nomor kita bakal dipanggil atau bisa dilacak visa monitor yang ada di setiap sudut ruangan.

Kalo udah dipanggil, kita cuma diajak ngobrol santai sama petugasnya. Karena gw berangkatnya bareng keluarga, jawaan gw ya seputar berapa orang yang bakal berangkat. Trus ntar mereka nawarin kita mau dikabarin via apa. Kalo mau gratis ya cukup via email, kalo mau nambah 25 ribu kita bisa dapet SMS dari mereka soal jalannya proses pengurusan visa.

Gw dan keluarga juga memilih kabar melalui SMS. Pembayarannya harus debit, ga bisa cash!

Selesai di loket, kita bakal diminta nunggu lagi untuk pengambilan data biometrik. Ada riga ruangan, biometric 1, 2, dan 3. Tinggal tunggu di ruang mana kita dipanggil.

Di ruang biometrik, kita bakal diminta ngelihat ke bagian atas ruangan. Di sana ada CCTV. Kita diminta ngeliatin CCTV sekitar 10 detik. Trus kita bakal dimintain scan sidik jari. Setelah itu, kita difoto, dan prosesnya selesai!

EH INGET, GA BOLEH NELEPON DAN MOTRET DI AREA ITU.
Kalo sampe ketahuan, HP lo bakal diperiksa dan semua foto yang kalian ambil bakal diminta dihapus. Ngehapusnya sih ga seberapa, malu diliatinnya itu yang ga ketulungan.

Kebetulan waktu gw ke sana ada seorang mbak-mbak yang mungkin instastory-in ruangan itu, Alhasil dia didatengin dua security dan dipantengin sampe semua dokumentasi area itu dipastiin dihapus dari HP dia.

Ok, kembali ke bahasan. Setelah itu, kita tinggal keluar dan silakan deg-degan nungguin Visa diapprove atau ga. Hahahaha

Tapi, 4 jam setelah pulang dari VFS Global, ada SMS masuk yang bilang berkas kami udah dikirim ke Manila. Iya, berkas kita kudu dikirim ke Manila untuk dapet approval.

Seluruh proses yang gw jalanin sekitar 2 mingguan. Tiba-tiba ada email masuk yang bilang paspor gw dan keluarga udah bisa diambil. Eits! Jangan seneng dulu. Pengambilan paspor kita itu ga menjamin di dalemnya udah ada lembar visa loh ya!

Gw ngambil sekitar jam 3 sore. Nunggu sampe nomor antrean dipanggil.

Ah! Akhirnya dipanggil juga. Inget, kita harus bawa surat kuasa dan foto kopi KTP orang-orang yang nitipin pengambilan paspornya ke kita. Formulir itu dikasih ketika kita selesai nyerahin berkas. Eh iya, kita juga harus nyerahin foto kopi KTP.


Akhirnya tiga kantong plastik bersegel udah gw pegang. Pelan-pelan gw robek. ALHAMDULILLAH di tiga paspor itu ada stempel VISA UK untuk 6 bulan. AHAY!

Akhirnya, tinggal ngurus Visa Schengen yang jauh lebih ribet dalam penyerahan data tapi gampang untuk diapprove (katanya).


Sampai jumpa di tulisan berikutnya soal pengurusan Visa Schengen yaaaa....



Comments

Popular posts from this blog

Quo Vadis?

Lalu kemana harus kubawa pikiran ini? Membuatnya melayang bebas saja aku tak sanggup. Selalu ada sesuatu dalam diri yang menahan dan berusaha membawanya kembali pada jalur yang sama. Kamu. Se-istimewa itu kah Kamu? Aku bahkan sudah melupakan-Mu bertahun-tahun lamanya. Kurasa, Kamu juga sama. Secara tak sadar melupakan aku. Aku jadi ingat waktu Kita masih sering berjalan beriringan. Kamu dengan segala isyarat yang disampaikan melalui banyak 'media' membuat aku patuh dan tergiring ke jalan yang Kamu mau. Sampai pada suatu saat Kamu membuatku benar-benar kaget. Kau bahkan tak memberiku waktu untuk bersiap-siap menghadapinya. Maaf, tapi terus terang aku KECEWA! Sangat kecewa. Kita hidup dalam damai. Kita saling jujur. Tak ada yang kusembunyikan dari Kamu. Tapi belakangan aku sadar, terlalu banyak yang Kamu sembunyikan dari aku. Orang-orang bilang, tak ada satu pun akan tau apa yang Kamu lakukan di detik berikutnya. Kamu memberi kejutan tak menyenangkan! Kamu me

Cerita Kita Selesai

Kamu, seperti yang banyak dipercaya orang, merupakan cinta pertama yang sempurna. Sosok yang selalu memberi kenyamanan dan kehangatan. Idealnya, kamu memberi gambaran sosok seperti apa yang akan menemani perjalanan hidup sang putri di masa depan. Di luar itu, kamu menjadi tokoh utama keluarga yang idealnya (lagi) bisa menjadi contoh. Kamu punya segalanya. Di mata orang-orang, kamu seperti malaikat. Melindungi, mengayomi, menjadi manudia nyaris sempurna. Utuh. Kamu seperti utuh menjadi manusia. Hampir semua orang memuji. Kamu sosok kuat, berprinsip, tak neko-neko, pantang curang. Hidupmu kau serahkan untuk mengabdi kepada negara, daerah, dan masyarakat yang meminta. Sangat sempurna bukan? Tapi kamu lupa. Berjalan terlalu lurus sampai lengah ada benda kecil yang membuatmu terpeleset. Kamu terjatuh. Seluruh tubuhmu kotor. Tapi ada seseorang yang buru-buru membersihkan badan besarmu itu. Kau kembali ke hadapan manusia lain dengan rapi. Sangat rapi. Kemudian kamu pergi. Berlal