Skip to main content

Kebiasaan Reporter Zaman Now

'Jangan merasa sudah benar kemudian teriak kencang padahal salah besar.'

Kalimat itu yang dulu selalu gw inget. Munculnya dari obrolan sesama temen sih. Sesederhana ngomong 'udah salah, kenceng pula.'

Hahahaha... Gitu dah!
Mulai saat itu gw mulai menjadikan itu pegangan. Setidaknya, buat alarm gw sendiri. Biar ga asal bicara dan ga begitu saja nerima kemudian menyampaikan.

Sekarang, kalimat itu bener-bener harus gw terapin. Profesi gw sebagai jurnalis mewajibkan gw cek ulang, cek ulang, cek ulang, sebelum nulis naskah. Itu berlaku baik saat gw di lapangan sebagai reporter atau setelah gw di kantor sebagai editor.

Lo pada bayangin, kalo dengan embel-embel jurnalis tapi menyajikan naskah yang ga bener, hoax, dan lain-lain. Rasa malunya bakal dibawa sampe liang kubur mungkin. Hahahahaha.....

Di kantor, sama senior-senior yang jam terbangnya udah gausah diraguin, hal itu selalu ditekankan. Kalo ga,  ya lo harus terima dimaki-maki atau 'diketawain' dalam waktu lama. Ujungnya sih bakal jadi bahan ceng-cengan. Huvd!

Terus intinya apaan siiiiiikkkk????

Gini-gini, gw mau bicara soal reporter zaman now!

Kebanyakan suka merasa paling bener. Terlalu sering mengkritik keras tapi ga melihat ke diri sendiri. Oke kejauhan. Ga melihat ke naskah sendiri! Itu maksud gw.

Argumentasinya?

Menulis lead itu hal paling sulit dari sebuah berita, Itu menurut gw. Sebab, lead yang njlimet bakal bikin pembaca ninggalin naskah yang lo bikin. Bikin lead ini gabisa main-main atau asal jadi.

Nah permasalahan sebagian besar reporter zaman now nih, nulis lead, yang penting ada. Bener atau ga urusan nanti. KAN ADA EDITOR di kantor!

Pola pikir ini nih yang sulit dihilangkan. Ngaku deh. Iya kan?????????

Kalo lo masih pertahanin pola pikir seperti itu, selamanya lo ga bakal maju. Artinya, lo ngandelin editor dan pasrah naskah lo dirombak habis. Kalo gw, bakal malu banget ketika berita yang gw bikin dirombak habis sama editor. Gimana ga sedih, itu kan tandanya naskah gw sampah. Sampe ga ada sedikit pun yang bisa dipake editor untuk jadi naskah layak tayang.

Ini persoalan lo orangnya suka ngegampangin atau ga. Ngegampangin itu parah menurut gw. Ngegampangin sama membuat gampang itu beda loh ya. Ngegampangin itu semacam lo bodo amat, gamau tau, and the bla and the ble. Intinya, ngerusak diri lo sendiri lah ujung-ujungnya.

Lo aja ga ngehargain naskah yang lo bikin. Nulis lead seadanya, serampangan, ga ada kekuatannya. Udah gabisa diomongin deh kalo begini ceritanya.

Terus, persoalan bridging. Sesuatu yang menjembatani paragraf satu dan lainnya. Ini kerap kali dilupain. Hmmmmm... Entah dilupain atau emang ga ngerti sama naskah sendiri. Ini juga bencana parah dalam menulis.

Ga cuma itu, kejujuran reporter ketika nulis maupun ditanya soal sumber berita, bahan mentah berita, dan lain-lain juga sangat diperlukan. Kalo memang cuma ngandelin bahan berita pantulan dari orang lain, mending ngaku. Artinya, lo ga ada di lokasi ketika narasumber bicara. Jangan pernah ngaku-ngaku ada. Itu aja.

Kesalahan semacam itu akibatnya bisa sangat fatal. Iya kalo pantulan itu bener. Kalo enggak??? Selain lo bakal disanksi kantor (bisa aja dipecat), nama lo juga rusak di mata temen-temen, narasumber, terutama editor-editor elo.

Kelakuan semacam itu sering banget deh ditemuin. Kebanyakan reporter pada tobat setelah 'dikeramasin'. Cuma ga sedikit juga yang bertahan dengan pola kerja seperti itu. Gw bisa bilang itu CURANG. Hasil kerja curang ga bakal bikin lo maju.

Di sisi lain, ada yang kemampuan nulisnya sebenernya bagus, cuma kebanyakan males dan ngikutin mood. Gw ga mau munafik. Ketika kerja pun gw suka ga fokus kalo mood lagi jelek. Cuma, kita kan bisa ngatur itu. Ga mesti diikutin maunya perasaan. Lawan kek, dikiitt aja, biar kita bisa ngehasilin naskah yang bagus.

Kebanyakan, kali dicecar soal kejelasan kalimat per kalimat beserta logika kalimatnya, belom-belom reporter zaman now lagi-lagi ngegampangin. 'Udah kak, ga usah dinaekin aja', 'udah kak, dihapus aja paragraf yang bikin bingung', dan berbagai cara ngeles lainnya.

Lo pikir dengan hapus, potong, ga usah naekin, persoalan hidup lo kelar? Enggak! Respect editor ke elo bakal hilang. Karena kelihatan banget lo ga berusaha untuk memperbaiki apa yang kurang.

Kalo dibilang kerjaan editor gampang, gw cuma minta kalian nyoba jadi editor tiga hari aja. Kalo kuat dan ga nemuin hambatan sama sekali, bisa jadi lo jago dan  sabar banget atau lo emang tutup mata sama kualitas tulisan.

Ya ga semua salah reporter sih. Editor juga kadang-kadang negor dengan gaya songong. Akibatnya, bukan komunikasi dua arah yang terjadi, malah saling gaenakan yang ada. Betul ga???

Itu baru beberapa sih. Masih banyak dan capek juga kalo dipretelin satu-satu. Gw juga masih belajar. Jadi ada baiknya kita sama-sama belajar buat lebih baik.













Comments

Popular posts from this blog

Quo Vadis?

Lalu kemana harus kubawa pikiran ini? Membuatnya melayang bebas saja aku tak sanggup. Selalu ada sesuatu dalam diri yang menahan dan berusaha membawanya kembali pada jalur yang sama. Kamu. Se-istimewa itu kah Kamu? Aku bahkan sudah melupakan-Mu bertahun-tahun lamanya. Kurasa, Kamu juga sama. Secara tak sadar melupakan aku. Aku jadi ingat waktu Kita masih sering berjalan beriringan. Kamu dengan segala isyarat yang disampaikan melalui banyak 'media' membuat aku patuh dan tergiring ke jalan yang Kamu mau. Sampai pada suatu saat Kamu membuatku benar-benar kaget. Kau bahkan tak memberiku waktu untuk bersiap-siap menghadapinya. Maaf, tapi terus terang aku KECEWA! Sangat kecewa. Kita hidup dalam damai. Kita saling jujur. Tak ada yang kusembunyikan dari Kamu. Tapi belakangan aku sadar, terlalu banyak yang Kamu sembunyikan dari aku. Orang-orang bilang, tak ada satu pun akan tau apa yang Kamu lakukan di detik berikutnya. Kamu memberi kejutan tak menyenangkan! Kamu me

Cerita Kita Selesai

Kamu, seperti yang banyak dipercaya orang, merupakan cinta pertama yang sempurna. Sosok yang selalu memberi kenyamanan dan kehangatan. Idealnya, kamu memberi gambaran sosok seperti apa yang akan menemani perjalanan hidup sang putri di masa depan. Di luar itu, kamu menjadi tokoh utama keluarga yang idealnya (lagi) bisa menjadi contoh. Kamu punya segalanya. Di mata orang-orang, kamu seperti malaikat. Melindungi, mengayomi, menjadi manudia nyaris sempurna. Utuh. Kamu seperti utuh menjadi manusia. Hampir semua orang memuji. Kamu sosok kuat, berprinsip, tak neko-neko, pantang curang. Hidupmu kau serahkan untuk mengabdi kepada negara, daerah, dan masyarakat yang meminta. Sangat sempurna bukan? Tapi kamu lupa. Berjalan terlalu lurus sampai lengah ada benda kecil yang membuatmu terpeleset. Kamu terjatuh. Seluruh tubuhmu kotor. Tapi ada seseorang yang buru-buru membersihkan badan besarmu itu. Kau kembali ke hadapan manusia lain dengan rapi. Sangat rapi. Kemudian kamu pergi. Berlal