Skip to main content

Jenuh, Tapi Sebucin Itu Sama Kamu 😘

Melepas penat, minum teh, sambil kerja di Hum Coffee and Resto

Nyaris sepuluh tahun menggeluti dunia liputan dan tulis menulis. Ga pernah sedikit pun bener-bener nyoba buat beranjak, apalagi meninggalkan. Ga tau kenapa, rasa cinta buat pekerjaan ini begitu besar. Meskipun gw ga menonjol-menonjol amat di bidang ini. Biasa aja. Prestasinya juga hampir nihil mungkin. 😅

Pernah ga sih, ada di situasi sulit banget buat pergi? Padahal pernah ngerasain beratnya kecewa, terbebani, capek, marah, pengen nyerah? Tapi, lagi-lagi ga pernah bener-bener nyiapin diri buat pergi. 

Kalo tren BUCIN biasanya dipake buat pacaran, diksi itu lebih berlaku untuk lingkungan pekerjaan buat gw.

Ok. Kata kuncinya ketemu: LINGKUNGAN PEKERJAAN

Gw gamau munafik. Kalo udah sayang, semuanya bakal gw lakuin. Termasuk nerima semua 'pukulan' dari dalam maupun luar.

Inget ya! Kata kuncinya LINGKUNGAN PEKERJAAN. 

Terus terang, ga sedikit yang menyarankan gw buat tinggalin dunia kerja yang sekarang. Alasannya lucu-lucu.

Mulai karena alasan 'lo ga bakal kaya kalo tetep kerja di bidang ini'; 'lo ga bakal bisa punya rumah atau mobil kalo ga lompat ke bidang kerja lain'; sampe 'lo bakal sulit jodoh kalo lingkungannya itu-itu aja'. 

Hahaha.. Lucu-lucu kan? Bikin pengen nyentil ginjalnya! 😅😅😅

Sempet kepikiran sih. Emang iya? Segitunya? Masa si? Kayaknya enggak deh! Tapi iya deh kayaknya. Ah enggak ah. Ga mungkin lah. 

*Itu ceritanya lagi berdebat sama diri sendiri hahaha.. 

Gw mulai gabung di kantor ini 2011. Waktu itu, sebagai angkatan pertama MMDP Metro TV, terus terang bebannya berat banget. Kenapa? Karena gw ga nyangka program ini segitu seriusnya. 

Kami masing-masing dikasih mentor. Dan mentornya bukan karyawan ecek-ecek. Mereka semua orang-orang penting di grup ini. 

Mentor gw apalagi. Seorang ibu dengan kharisma besar dan sangat berkarakter. Iya, berkarakter, bukan galak. 

Entah ada acara apa, di suatu hari itu, kami dikenalin ke jajaran BOD. Dulu, HRD memperkenalkan kami kayak gini, hahaha.. 

"Pak, ini anak-anak MMDP 1. Future leader ni! "

Bangga ga lo? Hahahaha... 

Mayan lah ya. Walaupun cuma ala-ala. Pada akhirnya kan kerja ya kerja aja. Future leader? Apa itu future leader? Hahahahaha... 

Kami disebar. Hampir semua divisi pernah dicicipin. Adaptasinya ampun-ampunan. Belum lagi tatapan sinis orang-orang yang nganggep anak-anak MMDP ini kesayangan kantor, dibeda-bedain, ke mana-mana selalu bergerombol kayak anak bebek. Dicurigain ini itu. Duh, drama deh! 

Tapi, pada dasarnya gw happy sih, karena pernah ada di News Magazine-nya Metro TV. Seneng pernah gabung di program dokumenter dan ketemu produser, camera person, dan manager-manager yang ga pelit ilmu.

Walaupun project pertama gw sebagai anak baru bermasalah, gw tetep seneng kok. Bermasalah??? Kenapa tuuuuu????

Jadi, project dokumenter pertama gw itu disomasi lah ceritanya. Entah ada kekuatan dari mana, gw beneran santai ketika diinfoin sama produser kalo program kami disomasi. 

"Oje ikut ya. Kita dan beberapa media lain bakal ketemu sama yang ngelayangin somasi."

Langsung gw iyain. Asik! Akhirnya gw tau dan ngerasain langsung efek dari kata somasi. Biasanya baca di berita atau dari TV doang. Hahahaha... 

Selempeng itu gw dulu. Hahaaha... 

Tapi topan badai tetep ada dong. Sampe sempet nelpon nyokap. Ini hal yang ga pernah gw lakuin sebenernya. Tapi waktu itu kayaknya udah ga kuat banget. 

"Ma, Fa (di rumah dipanggil Farah, Fa, Dek Ala, Rohaye, auk ah banyak) capek. Fa pengen resign. Ga kuat." sekali-kalinya ni nunjukkin gw ga kuat ke orang tua. 

Nyokap sih iya-iya aja. Cuma tetep ga bisa resign dong. Sesuai perjanjian awal, karena ini program khusus, kami bisa dipenalty kalo keluar sebelom kontrak selama 3 tahun kelar. 

Penalty-nya 100 juta, bun! Mon maap. Tahan-tahanin deh. 

Nah, masuk nih ke LINGKUNGAN KERJA. 

Kejawab udah, apa yang bikin gw bertahan sampe nyaris 10 tahun di kantor yang sama. Gw ga peduli sama pandangan orang yang bilang lingkungan kerja itu sebatas alesan karena lo ga mau nyebut itu zona nyaman.

Beda pandangan boleh kan? Gratis ini! 

Buat manusia kayak gw yang sulit banget beradaptasi sama manusia, lingkungan media grup ini jadi tempat ternyaman. Bukan benda matinya ya, tapi manusia-manusianya. 

Cintanya makin besar pas gw bener-bener jadi bagian Divisi Multimedia. Hmmm... Makhluk apalagi tu? 

Divisi Multimedia itu tugasnya di portal digital Metro TV. Namanya Metrotvnews.com. Sekarang, kami dikenal dengan nama Medcom.id, dan udah misah dari Metro TV. Tiga tahun lalu kami misah. Berdiri sendiri. Mandiri. Ahay! 

Gw cinta semuanya. Pekerjaannya, bos-bosnya, rekan kerjanya, sampe ruangan pojok yang jadi saksi gimana gw dan temen-temen digembleng biar bisa nulis sesuai standard Metrorvnews.com.

Didikannya kejam! Sumpah. Kalo ga kuat mental, bisa gantung diri di pohon cabe! 

Tapi itu cuma terjadi di newsroom. Begitu di luar ruang kerja, semua bos jadi temen sebaya. Azhek! Beneran wei! Ga ada tu sok senior, sok bos, semuanya sama. Bahkan bisa ceng-cengan ampe curhat masalah pribadi! Paket komplit emang. 

Ih rada emosional deh kalo ngomongin rekan-rekan kerja ini. Sayang bangeeetttt sama mereeekaaaaaa!!!!! *Mulai lebay Sioje.

Udahlah, ntar mewek kalo ngomongin mereka. Hahahah.. 

Trus, jenuhnya kenapa, Je?????? 

Beberapa hari ini jenuh banget. Mulai sore udah kayak eneg gitu ngeliat naskah. Pengen muntah. Hahahaha... 

Mungkin gegara saban hari ngadepinnya itu-itu mulu ya. Liat naskah tu rasanya pengen marah! Aduh! 

Cuti? Ga mempan kayaknya. Udah nyoba bulan lalu. Tetep aja. 

Semoga cuma karena capek ya! Bukan karena gimana-gimana.

Tapi tenang, kebucinan gw lebih besar dari si jenuh itu. Mudah-mudahan. 

LINGKUNGAN KERJA selalu bikin gw bisa kembali. Manusia-manusianya selalu bisa bikin semangat yang udah 10% jadi naek ke 50% dan akhirnya 98% lagi. Bismillah!!!! 

Comments

Popular posts from this blog

Quo Vadis?

Lalu kemana harus kubawa pikiran ini? Membuatnya melayang bebas saja aku tak sanggup. Selalu ada sesuatu dalam diri yang menahan dan berusaha membawanya kembali pada jalur yang sama. Kamu. Se-istimewa itu kah Kamu? Aku bahkan sudah melupakan-Mu bertahun-tahun lamanya. Kurasa, Kamu juga sama. Secara tak sadar melupakan aku. Aku jadi ingat waktu Kita masih sering berjalan beriringan. Kamu dengan segala isyarat yang disampaikan melalui banyak 'media' membuat aku patuh dan tergiring ke jalan yang Kamu mau. Sampai pada suatu saat Kamu membuatku benar-benar kaget. Kau bahkan tak memberiku waktu untuk bersiap-siap menghadapinya. Maaf, tapi terus terang aku KECEWA! Sangat kecewa. Kita hidup dalam damai. Kita saling jujur. Tak ada yang kusembunyikan dari Kamu. Tapi belakangan aku sadar, terlalu banyak yang Kamu sembunyikan dari aku. Orang-orang bilang, tak ada satu pun akan tau apa yang Kamu lakukan di detik berikutnya. Kamu memberi kejutan tak menyenangkan! Kamu me

Cerita Kita Selesai

Kamu, seperti yang banyak dipercaya orang, merupakan cinta pertama yang sempurna. Sosok yang selalu memberi kenyamanan dan kehangatan. Idealnya, kamu memberi gambaran sosok seperti apa yang akan menemani perjalanan hidup sang putri di masa depan. Di luar itu, kamu menjadi tokoh utama keluarga yang idealnya (lagi) bisa menjadi contoh. Kamu punya segalanya. Di mata orang-orang, kamu seperti malaikat. Melindungi, mengayomi, menjadi manudia nyaris sempurna. Utuh. Kamu seperti utuh menjadi manusia. Hampir semua orang memuji. Kamu sosok kuat, berprinsip, tak neko-neko, pantang curang. Hidupmu kau serahkan untuk mengabdi kepada negara, daerah, dan masyarakat yang meminta. Sangat sempurna bukan? Tapi kamu lupa. Berjalan terlalu lurus sampai lengah ada benda kecil yang membuatmu terpeleset. Kamu terjatuh. Seluruh tubuhmu kotor. Tapi ada seseorang yang buru-buru membersihkan badan besarmu itu. Kau kembali ke hadapan manusia lain dengan rapi. Sangat rapi. Kemudian kamu pergi. Berlal