Skip to main content

Jalan-jalan ke Jepang Part 1

Menginjak Jepang

Bah! Anak Air Bang (nama kampung gw, semoga ada di google maps!) akhirnya menginjak Jepang. Butuh waktu semedi berbulan-bulan buat gw untuk menuliskan perjalanan super itu. Hahahahha

Gw, nyokap, adek dan istrinya adek gw ceritanya jalan-jalan ke Negeri Sakura 8-15 Maret 2017. Wakwaw banget lah buat gw yang biasanya ke luar negeri selalu menggunakan biaya kantor atau mengandalkan undangan lembaga tertentu.

Kalo pake uang sendiri? AUK AMAT! Hahahahhaa

Sekitar akhir tahun, jelang sore, HP ganteng gw bunyi. Gw angkat dooonnggg, secara yang nelpon adek gw. Kali ada yang penting. 

"Yuk (asal katanya 'ayuk' yang artinya kakak perempuan), saya mau ajak mama ke Jepang tanggal 8 sampe 15 Maret. Udah beli tiket. Ayuk mau ikut ga?" ujar adek gw, Gerry. 

"Hah? Ayuk ga ada uang. Ke Jepang kan mahaaaaal... Pergi ajak mama aja lah dek." 

Mantap banget itu jawaban gw. Ya kali kan gw bilang mau tapi ga ada persiapan.

"Ayuk kan bakal dapet bonus. Pake bonus aja. Nanti makan di sana sama hotel dan lain-lain biar saya yang urus." 

"Hmmmm.. Ok kalo gitu. Bonus ayuk buat ke Jepang aja lah."

Tuh! Mure banget kan gw!!! Hahahahahhahaha

Berbagai urusan, mulai tuker passport dari yang biasa jadi E-Passport, urus visa waiver, dan sedikit belanja kebutuhan menghadapi Jepang yang ternyata masih dingin dengan suhu sempat 0  derajat, akhirnya selesai.

8 Maret pun tiba!

Berangkatnya sih sebenernya 7 Maret jam 23.45 WIB. Alhamdulillah ni kaki nginjek Kansai International Airport  sekitar jam 8 lebih waktu  Jepang. 

Hap! Anak kampung mulai norak. Nyalain kamera HP buat bikin video dan alhamdulillah selamat itu video sampe meja imigrasi. Hehehhee..

Tapi, tetiba...

"Passanger! Passengger! No photo. No Photo," ujar akik-akik Jepang sambil meragain tangan kayak mau motret kemudian lambai-lambai.

"Oh, ok," ujar gw sambil senyum manis berharap dia juga senyum yang pada kenyataannya boro-boro! Hahahaha

Auk ah. Bodo amat. Urusan imigrasi kemudian kelar dan bekal rendang plus cumi sambel ijo ikutan lolos. Aman sentosa lah kami sampai keluar Kansai.

Di area luar, si Gerry langsung urus JR Pass. Nah, JR Pass ini kudu kita beli di Indonesia kemudian ditukerin di bandara setempat. Inget loh ya, GA BISA BELI DI SANA. Buat yang mau ke Jepang dan enggan bersusah-susah tiap ke stasiun beli tiket, mending pake JR Pass karena jatohnya lumayan memudahkan walau gabisa dibilang lebih murah daripada ngeteng (anjaaaaay, bahasa gw, ngeteeeng bangeeet, hahahaha).

Gw, Namira (istri adek gw), dan nyokap nunggu di luar sambil cek ombak. Gw sih rusuh, langsung nyalain kamera HP dan ambil video. Dokumentasi penting kan, kengkawans?????





Urusan JR Pass selesai. Kami langsung menuju sisi kanan pintu keluar Kansai Airport. Ini semua udah terintegrasi ya. Setelah sedikit bingung dan tanya-tanya, kami berhasil menuju kawasan kereta cepat yang dikenal dengan sebutan Shinkansen. Cem kapsul bentuknya, makanya disebut kereta kapsul kali ya. Haha

Dari stasiun di Kansai itu, kami butuh waktu kurang lebih 2 jam (eh atau kurang yak?) untuk sampe di Kyoto.

Menjelajah Kyoto (Dua tempat doang sik, hehe..)

Kyoto jadi kota pertama yang kami jelajahi setibanya di Jepang. Drama nyari apartemen yang disewa via airbnb selesai setelah kami bertanya sama segerombolan karyawan. DAN TERNYATA itu apartemen di sebelah kantornya mereka, yang artinya, nyaris persis depan muka kami! Hahahha...

Sampe apartemen, beberes dikit, ngemil dikit, siapin tas kecil, dan kami berangkat menuju Fushimi Inari. Transportasi di Jepang sangat gampang. Kemungkinan nyasar cuma sedikit deh. Apalagi dibantu aplikasi yang mereka buat dengan waktu dan harga tiket (buat yang ga ke-cover JR Pass) sangat akurat! Ini Jepang, beybeh!

Gw pikir cuma gw yang norak. Ternyata enggak. Sesampainya di Fushimi Inari, segala tongsis, tangan orang yang difungsikan layaknya tongsis, sampe tangan temen yang dijadiin tatakan kamera berseliweran. Makin PD lah gw ngambil video dan foto. Banyak temennya! Hahahahha...










Akhhirnya gw main-main ke tiang--tiang oranye yang banyak banget itu looooohhh.. Hmmmmmm...Kemudian muter-muter deh di sono...








Dari sono, kami melanjutkan perjalanan ke Bamboo Forest. Di sini sih gw berasa di Indonesia aja. Lah nyaris semua yang suaranya kenceng cekikikan ternyata orang Indonesia, wekawekaweka. Ah! Ketawa macam apa itu!!!

Udah-udah. Udah sore. Capek. Balik ke apartemen aja! Gitu deh, akhirnya kami balik dan masak indomie. Indomieeeeeeeeee seleraaakuuuuuuuuuu.... slurp!

Yang mau nonton videonya, bisa cek link ini yaaaaa https://www.youtube.com/watch?v=7Eaoi3Ct0XY




9 Maret

Pagi-pagi banget kami udah narik-narik koper ke stasiun. Iya, hari kedua bakal diisi dengan perjalanan ke Shibuya, Tokyo. Aha! Bakal ketemu Hachiko nih gw! Itu, anjing yang bikin gw mewek bombay pas nonton filmnya.









Drama mulai lagi dong. Sampe Stasiun Shibuya masih pagi lah itungannya. Apartemen yang di sana belom bisa dimasukin karena jam check in sekitar jam 12. Lari-larian nyari loker kosong buat nitip koper. Segala penjuru diputerin. Putus asa! Loker yang tersisa cuma yang kecil-kecil. Boro-boro muat koper, ransel gw aja entah muat entah enggak! Eh muat deng. Maap, tadi emosi. Hahahhaha...

Di tengah keputusasaan. Kami akhirnya menemukan loker kosong. Alhamdulillah. Biaya 1 loker besar itu sekitar 600 Yen. Jadi total 3 loker kena 1.800 Yen alias Rp214.200. Satu koper paling gede gamuat.

Akhirnya tu koper paling gede dibongkar, isinya ditaro di koper lain dan beberapa tas kecil. Keliling bawa 1 koper gede tapi ringan sama sekali ga masalh ternyata.

Lepas drama nitip koper, kami langsung menuju patung Hachiko yang letaknya persis di depan Stasiun Shibuya dan deket banget sama penyeberangan tersibuk di Tokyo!

Hai, Hachiko! Foto-foto dan video udah diambil. Lapar pun tiba.









Si Namira merekomendasikan salah satu resto Jepang yang makanan jagoannya adalah lidah! Mantap. Cukup perjuangan juga sih ampe masuk-masuk gang.

Ternyata eh ternyata itu resto ada di mall yang udah berkali-kali kami lewatin! Perjalanan kocak kayak gini nih yang gw suka. Dan asli, itu makanan enaknya bukan main. Tapi, ada semacam soup gitu, yang ternyata kentang. Dan orang Jepang makan itu sambil dicampurin ke nasi. Semacam dijadiin kuah. Gw ga ngikutin sumpah karena dicolek dikit pake nasi ternyata rasanya jadi aneh. Hahahahahha...









Setelah kenyang, dapet kabar apartemen udah bisa dimasukin. Ahamdulillah. Akhirnya kami ngambil koper di loker dan narik-narik koper lagi menuju apartemen.

Kali ini, apartemennya lumayan jauh dan adanya di lantai empat. FYI, ga ada lift! Lu makan dah tuh tangga tiggi banget!

Setelah nyebrang berkali-kali, bolak-balik tempat yang sama, nanjak jalan yang anjir banget, sampai lah kami di apartemen itu. Surga! Bisa rebahan dan lurusin kaki.

Ga lama setelah itu, kami langsung jalan lagi ke Ueno Park. Katanya sih ada Sakura di sana. Ya, walaupun belum musimnya sih.

Sampe sana, Sakuranya enggak ada. Tapi ada bunga ume. Yaudin, fotonya sama bunga ume aja lah, timbang sedih ya kan. Taman ini enak banget deh. Luaaasss banget. Ada tempat ngopi-ngopi yang asyik juga.

Setelah foto-foto, kami langsung menepi ke arah kolam sambil main sama burung Merpati. Jinak-jinak banget, bahkan ga gerak waktu difoto. Hehehehe...















Setelah sedikit kecewa karena ga ketemu Sakura, kami meutuskan kembali ke areal Shibuya. Gw dan nyokap milih makan malam di Yoshinoya aja yang ramah sama lidah orang Indonesia haha.. Seentara Namira dan Gerry milih makan daging setengah mateng yang restonya cukup terkenal di sana.






Malam semakin larut. Kami memutuskan istirahat karena besoknya mau ke Tokyo DisneySea. Butuh tenaga nih buat menikmati area itu.

Sampai jumpa di tulisan selanjutnya ya!!!!! TOKYO DISNEYSEA!!!!







Comments

Popular posts from this blog

Quo Vadis?

Lalu kemana harus kubawa pikiran ini? Membuatnya melayang bebas saja aku tak sanggup. Selalu ada sesuatu dalam diri yang menahan dan berusaha membawanya kembali pada jalur yang sama. Kamu. Se-istimewa itu kah Kamu? Aku bahkan sudah melupakan-Mu bertahun-tahun lamanya. Kurasa, Kamu juga sama. Secara tak sadar melupakan aku. Aku jadi ingat waktu Kita masih sering berjalan beriringan. Kamu dengan segala isyarat yang disampaikan melalui banyak 'media' membuat aku patuh dan tergiring ke jalan yang Kamu mau. Sampai pada suatu saat Kamu membuatku benar-benar kaget. Kau bahkan tak memberiku waktu untuk bersiap-siap menghadapinya. Maaf, tapi terus terang aku KECEWA! Sangat kecewa. Kita hidup dalam damai. Kita saling jujur. Tak ada yang kusembunyikan dari Kamu. Tapi belakangan aku sadar, terlalu banyak yang Kamu sembunyikan dari aku. Orang-orang bilang, tak ada satu pun akan tau apa yang Kamu lakukan di detik berikutnya. Kamu memberi kejutan tak menyenangkan! Kamu me

Cerita Kita Selesai

Kamu, seperti yang banyak dipercaya orang, merupakan cinta pertama yang sempurna. Sosok yang selalu memberi kenyamanan dan kehangatan. Idealnya, kamu memberi gambaran sosok seperti apa yang akan menemani perjalanan hidup sang putri di masa depan. Di luar itu, kamu menjadi tokoh utama keluarga yang idealnya (lagi) bisa menjadi contoh. Kamu punya segalanya. Di mata orang-orang, kamu seperti malaikat. Melindungi, mengayomi, menjadi manudia nyaris sempurna. Utuh. Kamu seperti utuh menjadi manusia. Hampir semua orang memuji. Kamu sosok kuat, berprinsip, tak neko-neko, pantang curang. Hidupmu kau serahkan untuk mengabdi kepada negara, daerah, dan masyarakat yang meminta. Sangat sempurna bukan? Tapi kamu lupa. Berjalan terlalu lurus sampai lengah ada benda kecil yang membuatmu terpeleset. Kamu terjatuh. Seluruh tubuhmu kotor. Tapi ada seseorang yang buru-buru membersihkan badan besarmu itu. Kau kembali ke hadapan manusia lain dengan rapi. Sangat rapi. Kemudian kamu pergi. Berlal