Skip to main content

Jogja Kota Istimewa

Banyak hal yang bisa diceritain tentang tempat ini. Sejak menginjakkan kaki pertama kali pada 2008, gue mulai jatuh cinta sama kota ini.

Tapi, jatuh cintanya gue sejak 2008 lalu itu ternyata cuma cinta monyet, karena tempat yang gue datengin cuma di sana-sana aja. Di kota-nya, candi-candi-nya yang udah biasa banget lah orang datengin.

Nah, cinta gue mulai nambah ketika kemarin gue sempet ngunjungin beberapa tempat (yang udah bisa dikunjungin orang juga sih, hahha.... trus bedanya apa?? gatau! Yang penting intinya bikin gue maikn-makin jatuh cinta sama tempat ini) yang menurut gue keren!

NB: Jangan berekspektasi terlalu tinggi sama tulisan gue ya. Ini tulisan hanya berisi curhat! hahah

DAY 1 (29 JANUARI 2015)

#Gunung Api Purba



Kira-kira begitulah tempatnya. Menurut gue sih bagus! Secara gue suka sama batu-batui tingigi terjal nan perkasa, batu-batu yang ada di depan gue itu membuat gue ter-wow-wow! hahha.. Keren sih emang tempatnya.

Kalo di foto pertama ada bukit batu, di kanannya ada pemandangan di gambar kedua tuh. Wow lagi deh ah! Keren banget! ijoooooooo segeerrrr!!!! Langitnya juga mayan bagus.


Nah, untuk sampe ke puncak gunung ini, butuh waktu sekitar dua jam. Soalnya, gue yang kebanyakan ngerokok ini napasnya udah tinggal setengah-setengah. Ditambah kita-kita yang banci foto selalu berhenti di beberapa titik untuk mengabadikan moment-moment indah. Pret! bahasa gue! hahah...


Dua orang di kiri dan kanan gue adalah partner liburan gue kemarin. Yup! yang suka baca blog sampah ini pasti kenal lah, sering banget kayaknya gue nyebut mereka hahah..

Aji dan Lia. Kita berangkat bertiga untuk mengobrak-abrik tempat-tempat indah di Jogja!

Dua orang ini lumayan sabar ni nungguin kalo gue udah engep jalan! Hahaha... 

Foto ini kita ambil di pos ke 3 (kalo ga salah). Ini pertama kalinya kita ambil foto bertiga nih. Itu pun nunggu dedek-dedek berusia belasan tahun meninggalkan tempat ini, hahaha... Bagus ya pemandangannya? Tapi tetep bagusan cewe kece yang di tengah itu si ya! *disentil malaikat ni gue*

FYI, kita terpaksa naik ke puncak melalui jalur lain, karena jalur utamanya ditutup. Lagi ada yang syuting film salah satu pahlawan Indonesia gitu deh. Maap, lupa namanya, maklum lah, otak gue fungsinya cuma buat nginget tampang cowo kece dan duit miliaran! hoeks!

# Air Terjun Bleberan aka Sri Gethuk




Weits! Santai! Jangan fokus ke pipi gue yang segede Bapao ya, hehe..

Yup, setelah panas-panasan, keringetan dan bau ketek, kami akhirnya melanjutkan perjalanan ke air terjun. Namanya Air Terjun Bleberan atau Sri Gethuk gitu dah. Di sini lumayan dapet yang seger-seger nih, secara aer dan pepohonan ye kan!

Selain air terjun, mata gue juga dimanjain sama aer cincau! Eh bukan deng, itu sungai warna aernya ijo! Ini ngingetin gue sama Green Canyon kebanggaan Jawa Barat. Mirip, tapi bagusan yang di Jabar. Seru, ya tempatnya.

Tapi, ekspektasi gue rada ketinggian kayaknya. Ga cuma gue sih, Aji dan Lia juga sama. Buktinya kita sama-sama bilang 'Oh gini doank?' hehehe..

Tapi untuk ukuran capek mendaki Gunung Api Purba, mengunjungi tempat ini cukup bisa menggantikan keringet yang ngucur-ngucur abis nanjak dataran tinggi.



Sebenernya, dari pintu masuk ke air terjun ini, kita bisa naik perahu. Tapi kita bertiga kan jagoan neon, alhasil milih jalan kaki sekitar 500 meter (mungkin). Ga berasa sih, karena pemandangan sekitarnya ngingetin gue sama kampung halaman, ijo-ijo masbroooo!!!

Tapi, ada satu titik yang bikin kita mikir kalo balik lagi ke tempat semula naek perahu aja. Turunin tangga-nya lumayan maknyos! Kebayang kan kalo balik mesti ngelewatin itu tangga lagi.

Cuma 5.000 perak lho, bisa naek perahu balik ke tempat semula. Mantap!


Ampe pintu masuk yang tempat perahu-perahu itu, kita bertiga ternyata laper, hahaha.. Alhasil, jajan bakso tusuk lah kita. Udah murah, enak pula. Benar-benar menyenangkan ya Jogja ini ternyata,hehhe..


Nih bonus muka lelah sambil nunggu bakso tusuknya mateng,haha..
Aji ga mau ikutan selfie, huh, sombong! :D

#Pantai Pok Tunggal



Pantai!!!!!!!

Gokil ya, pantainya, keren banget. Untungnya pas kita dateng belum terlalu rame, jadi masih bisa seru-seruan lah di pantainya.

Gue sangat suka pantai. Tapi gue sangat takut air, apalagi air laut! Nah kemarin, karena ga sengaja kebasahan pas sok-sokan maen aer, akhirnya gue memutuskan untuk basah-basahan sekalian. Seru loh ternyata, hahaha...



Hehe, berasa jagoan tu gue pas berani main aer!


Habis basah-basahan, numpang mandilah gue di WC umum sana. Ga numpang deng, bayar juga. Hahaha..

Kelar mandi, gue nyusulin dua parter gue yang ternyata lagi asik ngopi di pondok ini. Jadi ikutan ngopi kece deh gue meskipun masih handukan hahah...

Kebayar lah capeknya perjalanan menuju tempat ini. Asal atu aja, dari jalan utama menuju pantai ini lumayan jauh. Jalannya wasalammualaikum, jelek banget. Sepi banget juga, kayak masuk hutan mana gitu, tapi sampe di pantai sih jadi berbanding kebalik. Rame, ada kehidupan dan yang pasti cakep parah pemandangannya.

Karena udah hampir malem, akhirnya kita mutusin buat kembali ke kota dan nyari hotel. The Cabin Hotel ternyata murah karena bisa nginep berdasarkan kebutuhan. Maksudnya, kita bisa milih mau berapa jam stay di sana. Minimal sih 8 jam. Tapi gue, Aji dan Lia ternyata butuh 11 jam untuk stay. Alhasil, untuk dua kamar dengan fasilitas oke, kita cuma kena (ga sampe) 400ribu.

DAY 2 (30 JANUARI 2015) 

#Museum Ulen Sentalu



 Bener kata temen gue (Bang Ferdinand), dari luar, museum ini keliatan sangat biasa-biasa aja.

Setelah beli tiket, gue, Aji dan Lia ketemu sama guide-nya, seorang mba-mba, alisnya rada tebel kayak Sinchan! hahaha..

Perjalanan muter museum ini sekitar menitan. Di dalem museum, kita ga boleh ngambil foto ataupun video.

Banyak hal yang dijelasin sama mba-mbanya. Termasuk sejarah raja-raja di sana. Seru sih, apalagi pas masuk salah satu ruangan tempat seorang perempuan cantik, kalo ga salah namanya Gusti Nurul. Sampe sekarang masih hidup dan berusia nyaris 100 tahun.

Men! mukanya mirip banget sama Julia Perez! Hahahha..

Selain itu, gue jadi tahu mana kain yang biasanya dipake buat nutupin mayat, bukan kawin, dan yang khusus buat raja-raja.

Nah, di tengah-tengah keliling museum, dikasih jamu lah kita. Cobaan dimulai!!! Tapi gue berhasil kok, cukup tutup hidung dan telen tuh jamu. Selesai! 

Museum ini luas banget. Banyak arca-arca juga baik yang asli maupun replika. Ada salah satu lukisan tiga dimensi juga di sini. Ke manapun kita melangkah, matanya pasti ngikutin. Tapi, ini ga ada mistis-mistisnya kok, cuma masalah teknik lukis senimannya yang canggih.

Setelah muter-muter jauh, sampiailah kami di spot yang diperbolehkan buat narsis. 
*Berhubung foto-fotonya masih banyak di hp dan kameranya si Lia, jadi gue post yang ada aja yah,heheh*





Hmmm... Bagus sih emang konsep museumnya. Secara punya swasta ya, milik perorangan. Pasti keren. Tapi sebenernya yang dikelola pemerintah harusnya bisa kayak gini, sekarang udah mulai dibenahi sepertinya. Mudah-mudahan ke depan museum yang dikelola pemerintah bisa bikin orang-orang tertarik untuk dateng.

Kembali ke Ulen Sentalu. Perjalanan 50 menit-nya ga berasa. Foto-foto di atas kita ambil di area luar. Nah pas sampe di deket parkiran, ada tuh patung lucu lagi mangap-mangap. Tergoda lah gue untuk ikutan mangap! Hahahha


Yoi! Cerita di Ulen Sentalu ditutup dengan muka mangap gue!


#Goa Jepang


Ga banyak foto yang bisa diambil, karena sepanjang perjalanan mendaki, pemandangannya biasa-biasa aja. At least, kita bertiga udah sampe puncak dan bisa masuk sekian meter ke goa.

Goa Jepang jadi destinasi wisata terakhir kami. Selain karen Jumat yang kepotong buat salat, jam 3 sore kita juga udah harus sampe bandara buat balik ke Jakarta.

***
Jogja memang menarik! Suatu saat gua akan balik ke tempat-tempat itu, mungkin dengan partner jalan yang berbeda.


"KALO LO PUSING KARENA KERJAAN, DIKEJAR-KEJAR NASKAH, LIBURAN LAH SOLUSINYA!"


Jangan sampe kurang piknik, kawan!

Yuk, kapan kita ke mana?







Comments

Popular posts from this blog

Quo Vadis?

Lalu kemana harus kubawa pikiran ini? Membuatnya melayang bebas saja aku tak sanggup. Selalu ada sesuatu dalam diri yang menahan dan berusaha membawanya kembali pada jalur yang sama. Kamu. Se-istimewa itu kah Kamu? Aku bahkan sudah melupakan-Mu bertahun-tahun lamanya. Kurasa, Kamu juga sama. Secara tak sadar melupakan aku. Aku jadi ingat waktu Kita masih sering berjalan beriringan. Kamu dengan segala isyarat yang disampaikan melalui banyak 'media' membuat aku patuh dan tergiring ke jalan yang Kamu mau. Sampai pada suatu saat Kamu membuatku benar-benar kaget. Kau bahkan tak memberiku waktu untuk bersiap-siap menghadapinya. Maaf, tapi terus terang aku KECEWA! Sangat kecewa. Kita hidup dalam damai. Kita saling jujur. Tak ada yang kusembunyikan dari Kamu. Tapi belakangan aku sadar, terlalu banyak yang Kamu sembunyikan dari aku. Orang-orang bilang, tak ada satu pun akan tau apa yang Kamu lakukan di detik berikutnya. Kamu memberi kejutan tak menyenangkan! Kamu me

Cerita Kita Selesai

Kamu, seperti yang banyak dipercaya orang, merupakan cinta pertama yang sempurna. Sosok yang selalu memberi kenyamanan dan kehangatan. Idealnya, kamu memberi gambaran sosok seperti apa yang akan menemani perjalanan hidup sang putri di masa depan. Di luar itu, kamu menjadi tokoh utama keluarga yang idealnya (lagi) bisa menjadi contoh. Kamu punya segalanya. Di mata orang-orang, kamu seperti malaikat. Melindungi, mengayomi, menjadi manudia nyaris sempurna. Utuh. Kamu seperti utuh menjadi manusia. Hampir semua orang memuji. Kamu sosok kuat, berprinsip, tak neko-neko, pantang curang. Hidupmu kau serahkan untuk mengabdi kepada negara, daerah, dan masyarakat yang meminta. Sangat sempurna bukan? Tapi kamu lupa. Berjalan terlalu lurus sampai lengah ada benda kecil yang membuatmu terpeleset. Kamu terjatuh. Seluruh tubuhmu kotor. Tapi ada seseorang yang buru-buru membersihkan badan besarmu itu. Kau kembali ke hadapan manusia lain dengan rapi. Sangat rapi. Kemudian kamu pergi. Berlal