Skip to main content

Jagoan Wacana


Ga ada yang gampang dalam memulai. Termasuk memulai percaya manusia masih bisa diajak berteman bahkan berlibur bareng.

Beberapa waktu lalu, 'Jagoan Wacana' memutuskan mengakhiri segala wacana liburan. Kami merealisasikan rencana berlibur ke Bandung, Jawa Barat.

Kami? Hahahaha... Tenang pemirsa! Gw emang jalan bareng tiga orang lainnya. Siapa? Ntar gw jelasin!

🌱 Renatha


Gw ga ngerti ini manusia atau bukan. Hahaha... Renatha ini salah satu temen editor di kantor gw. Gw sama dia duduk belakang-belakangan. Dia rajin bekerja, gw rajin ngegame.

Bocah ini pembangun mood di news room. Bacotnya suka bikin suasana rame. Ga ngerti dah. Bisa tetiba teriak Tuhan Yesus!, bisa tetiba nyanyi ga jelas, bahkan ga jarang marah-marah sendiri.

Anaknya hobi jalan banget. Demennya naik gunung dan liburan ke pantai.

Trus apa yang membuat gw memutuskan mau liburan bareng Renatha? Gw cuma punya keyakinan semenyebalkan gw atau dia, ga akan dibawa lama-lama. 

BT-BTan bisa selesai dalam sekian jam. Itu keyakinan gw sebelom berangkat. Dan keyakinan itu bener. 

Gw sempet diem-dieman karena dia ga mau nyeberang di JPO.
Wait? Gimana? Iya, gw sekaku itu soal aturan. HAHAHAHAAH..
Tapi diem-diemannya ga lama-lama kok. Tenang aja. Hehehe...

🌱 Yanti


Si Batak satu ini juga cukup menguji kesabaran. Kalo ngomongin buku dan berbagai ilmu lainnya, dia punya otak encer banget. Tapi kalo lagi ngobrol?!? Salah-salah bisa gw getok panci mi ayam abang-abang depan kantor. Suka LAMA! Kite udah ke mana-mana dia baru nyambung!

Tapi, doi termasuk orang yang lumayan mau bacot kalo ditanya. Ga berbelit-belit. Ga ngebecandain dulu baru jawab.

Bocah ini anak investigasi. Maenannya isu mendalam. Beda sama gw dan Renatha yang kebanyakan ngurusin berita peristiwa. Kebayang kan ni anak kalo lagi mumet kayak apa? HAHAHAHAHA

Liburan bareng dia ternyata cukup memungkinkan. Sebelum ke Bandung (ini liburan cupu sih ya) dia sering traveling bareng temen-temennya. Artinya, dia bukan tipe yang rewel diajak jalan.

Dan sebelum ngerencanain liburan bareng, gw beberapa kali ngobrol atau main bareng sama dia, Renatha, dan Abas (gw jelasin siapa Abas di part sendiri). Sejauh pengamatan gw, mereka cukup welcome dengan sikap gw yang kadang-kadang gw sendiri juga ga ngerti. 😂😂😂

🌱 Abas


Ini satu-satunya lelaki di Jagoan Wacana. Nyebelin. Minta ditampol. Tapi bertanggung jawab sama tiga perempuan ajaib yang sering maen bareng dia.

Terpenting, dia ga ribet soal jalan bareng yang kondisinya doi cowok sendiri. To be honest, gw suka kesel banget kalo ada yang bacotin soal 'ogah ah, masa gw cowok sendiri'. 

Beberapa temen cowok uwek suka rebek kalo diajak pergi tanpa pejantan lainnya. Mon maap nih, klean semua kalah keren ketimbang Abas yang woles ae jalan sama cewek-cewek! Men! Lo ga bakal berubah jadi bencong karena cowok sendiri dalem satu grup. HAHAHAHAHA...

Ga banyak ina anu inu dia mau-mau aja begitu kita ngerencanain liburan singkat. Malah paling rajin nyari hotel atau penginepan. Rajin juga nyari info lokasi wisata (ini juga dilakuin Renatha dan Yanti sih). Kolaborasi yang tepat!

Oh iya. Dia di Rona. Reporter yang kerjaannya ngasih informasi buat khalayak soal kehidupan sehari-hari. Secara luas, begitu. Detailnya? Kepanjangan kalo ditulis. Hahhahaa...

🌱 KETIGANYA


Wah berat nih. Kenapa harus mereka bertiga? Untuk ukuran manusia ga jelas kayak gw, kok bisa-bisanya maen bareng sama lebih dari satu orang????

Awalnya, gw mikir berkali-kali. Beneran berkali-kali sebelum memutuskan punya orang-orang yang bisa diajak main sering-sering, termasuk makan siang atau gibah serius di kantor. Thank God ni anak semua sering di kantor jadi intensitas ketemuan, makan, maupun rumpi bareng jadi lebih sering.

Pertama, di mata gw, mereka bertiga udah ngegenk! Mereka sama-sama ikut muaythai. Sering latihan bareng. Otomatis udah lebih luwes satu sama lain.

Sebelum gw sering makan siang bareng, mereka udah lebih dulu ngelakuin itu dengan tambahan beberapa temen lainnya. Ya kayak orang-orang lah. Makan ramean. Ngobrol. Cekikikan.

Gw di mana? Gw masih sibuk sama PUBG Mobile dan temen-temen ngegame lainnya. Boro-boro cekikikan bareng, makan aja sampe lupa. Parahnya, ampe lupa kerja, beb! HAHAHAHAHA...

Gw ogah berargumen lah soal ini. Bacot mereka bertiga udah cukup mewakili. Goblok emang hidup cuma buat ngegame. 😂😂😂

Kerjaannya nyinyirin gw melulu. Makan tu game! Ngegame mulu! And the bla and the ble syalalaa... Panjang bet ayatnya...

Tapi berkat bacot mereka itu juga gw sadar. Ga bisa begitu terus. Harus dikurangin. Hasilnya? Berkurang lah sedikit. Dikit doang tapi. Susah soalnya hahaha...

☕☕☕

Singkat cerita, gw akhirnya memilih lempengin aja dalam berinteraksi sama manusia. Maksudnya bawa santai. Temenan hayuk, ga temenan juga ga apa-apa.

Gini-gini, ga temenan yang gw maksud adalah dalam kondisi ga ngobrolin yang cukup serius soal hidup gw. U know lah, begitu lo ceritain sesuatu yang cukup mengganggu hidup lo, manusia-manusia yang mendengar itu harus lo jaga keberadaannya di sekitar elo.

Semakin ke sini ternyata berteman sama mereka itu menyenangkan juga (hoeks!). Apa aja bisa diketawain. Mayan ngilangin kerutan di kening uwek.

Akhirnya beranilah si Oje liburan bareng tiga anak yang kalo dilihat dari usia mayan jauh bedanya. Hahaha..


Tapi persoalan muncul. Sampe Bandung udah jelas jalan-jalan. Muterin kota lah intinya. Siangnya kami ke penginepan yang udah dipesen via airbnb.

Kenyataan emang ga selalu sebanding sama ekspektasi. Tempat nginep yang dikira punya beberapa ruangan ternyata cuma berupa apartemen tipe studio yang semuanya tumpek blek di satu ruangan.

Kagetnya ampe 10 menitan sebelum akhirnya menerima dengan lapang dada. Kami menduga itu tempat ga suci-suci amat karena nemu bercak darah di selimut. Mungkin darah nyamuk, genks! Jangan negative thinking dulu.

Karena JIJIK, tu selimut kami turunin! Bodo amat. Timbang ga nyaman ye kan! Untungnya respons anak-anak dan gw cuma menertawakan kebodohan kami sih. Hahahahhaah.....

🌱 Rooftop


Percayalah, rasa kecewa itu ga bakal bertahan lama. Depan pintu kamar ada rooftop yang membebaskan kami menikmati pemandangan seru. Nyaris semuanya ijo. Bikin adem mata dan hati. Minimal, pemandangan begitu ngobatin sakit mata karena liat yang sumpek-sumpek di Jakarta.

Senja (ahelah, anak indie banget ya hhaha) dihabiskan di rooftop. Seperti biasa, tiga bocah itu sibuk foto-foto dan heboh sendiri.

Lama-lama dingin. Kami masuk kamar dan siap-siap jalan ke tengah kota. Oh iya, penginepan kami agak menepi. Jauh dari pusat kota.

Kami akhirnya jalan ke area apaan lupa. Hahahhaa... Jalan kaki mayan jauh dulu sebelum nemu tempat makan semacam sup atau soto, whatever u name it! Lupa gw. Semoga ada fotonya. Hahahaha...

Makanannya mayan lah. Ada live music juga. Intinya kami terhibur.

Sejujurnya agak terhura eh terharu juga uwek. Akhirnya punya temen jalan-jalan biar kata kami pasti ada kesel-keselnya satu sama lain.

Dari situ kami bergerak ke Bomber atau Bober Cafe (semoga ga salah nama). Asik juga si tempatnya. Cuma rada redup gitu lampunya. Kesannya kayak tempat ajep-ajep. Hahahhaa...

Capek juga si sejak pagi muter-muter belom istirahat. Niatan lanjut minum ke suatu tempat kami batalkan. Lebih baik pulang ke penginepan dan istirahat.

Menempuh perjalan cukup jauh plus cerita horor yang dibekali abang grab pas berangkat, kami akhirnya tiba di penginepan uhuy itu.


Masuk kamar, liat ke luar jendela langsung bahagia! Banyak bintang di bumi! Hehe... Maksudnya lampu kota sob! Anggep aja bintang di bumi ya. Bagus banget astaga. Tidur bisa sambil liat pemandangan begitu.

Tidur? Emang lo bisa tidur, Je? Enggak! Pura-pura tidur aja biar semua tenang.

Gw udah intro ke anak-anak sih kalo emang ga bisa tidur dan kemungkinan jadi 'batu' karena belum terlalu terbiasa di satu ruangan bareng temen-temen. Alhasil gw madep dinding umpetin kepala biar dikira tidur! Yang laen sih udah masuk dunia mimpi. Hahahahaha...

Untung alarmnya Abas bunyi. Tu anak lupa matiin alarm buat berangkat ke stasiun. Jadi bunyinya di jam ga logis. Belingsatan lah tu perempuan-perempuan yang lagi tidur nyenyak. Yanti bahkan bangun buat matiin. Dramanya, si Abas malah matiin alarm tepat sebelum Yanti megang hpnya si brewok! Kemudian mereka tidur lagi dalam damai.

Kalo lo tanya gw ngapain, gw cuma bedoa segera subuh biar ada yang bangun dan nemenin ke luar. Pengen liat dunia sambil nyari udara seger di rooftop.


Pucuk dicinta ulam tiba. Mereka semua bangun. Tp cuma gw sama Abas yang mantengin sunrise. Dua nona itu kembali tidur dalam damai. HAHAHAHAHA....

1-1,5 jam berikutnya kami semua udah siap melanjutkan perjalanan dan check out. Tempat-tempat yang kami datengin gokil sih. Ga rugi jalan kaki mayan jauh.

Oke. Udah terlalu melebar rupanya. Cerita di masing-masing tujuan wisata dipisah aja. Kepanjangan malah kusut otak gw hahahaha...

Intinya, terima kasih tiga bocah yang belakangan jadi temen gw ketika lagi jelas maupun ga jelas. HAHAHAHAHAHAHA....

Comments

Popular posts from this blog

Quo Vadis?

Lalu kemana harus kubawa pikiran ini? Membuatnya melayang bebas saja aku tak sanggup. Selalu ada sesuatu dalam diri yang menahan dan berusaha membawanya kembali pada jalur yang sama. Kamu. Se-istimewa itu kah Kamu? Aku bahkan sudah melupakan-Mu bertahun-tahun lamanya. Kurasa, Kamu juga sama. Secara tak sadar melupakan aku. Aku jadi ingat waktu Kita masih sering berjalan beriringan. Kamu dengan segala isyarat yang disampaikan melalui banyak 'media' membuat aku patuh dan tergiring ke jalan yang Kamu mau. Sampai pada suatu saat Kamu membuatku benar-benar kaget. Kau bahkan tak memberiku waktu untuk bersiap-siap menghadapinya. Maaf, tapi terus terang aku KECEWA! Sangat kecewa. Kita hidup dalam damai. Kita saling jujur. Tak ada yang kusembunyikan dari Kamu. Tapi belakangan aku sadar, terlalu banyak yang Kamu sembunyikan dari aku. Orang-orang bilang, tak ada satu pun akan tau apa yang Kamu lakukan di detik berikutnya. Kamu memberi kejutan tak menyenangkan! Kamu me

Cerita Kita Selesai

Kamu, seperti yang banyak dipercaya orang, merupakan cinta pertama yang sempurna. Sosok yang selalu memberi kenyamanan dan kehangatan. Idealnya, kamu memberi gambaran sosok seperti apa yang akan menemani perjalanan hidup sang putri di masa depan. Di luar itu, kamu menjadi tokoh utama keluarga yang idealnya (lagi) bisa menjadi contoh. Kamu punya segalanya. Di mata orang-orang, kamu seperti malaikat. Melindungi, mengayomi, menjadi manudia nyaris sempurna. Utuh. Kamu seperti utuh menjadi manusia. Hampir semua orang memuji. Kamu sosok kuat, berprinsip, tak neko-neko, pantang curang. Hidupmu kau serahkan untuk mengabdi kepada negara, daerah, dan masyarakat yang meminta. Sangat sempurna bukan? Tapi kamu lupa. Berjalan terlalu lurus sampai lengah ada benda kecil yang membuatmu terpeleset. Kamu terjatuh. Seluruh tubuhmu kotor. Tapi ada seseorang yang buru-buru membersihkan badan besarmu itu. Kau kembali ke hadapan manusia lain dengan rapi. Sangat rapi. Kemudian kamu pergi. Berlal